Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ada Spirit Firman Tuhan di Ruang Terbuka OKL Stret Library

Smartkids setelah kelas Literasi Rohani di OKL Street Library (ft. OKL)

OKL.Library.com Segar banget, begitulah kata smartkids di kelas Literasi Rohani di ruangan terbuka OKL Street Library Tahak Debunaruk, Desa Railor, Malaka-Nusa Tenggara Timur edisi Senin (26/7/2021). SEGAR!! Senin Gembira Ria bareng smartkids untuk belajar Firman Tuhan.

Smartkids sebagai harapan bangsa juga merupakan harapan bagi keluarga dan agama. Karena ditangan smartkids nilai-nilai ajaran agama di wariskan. Salah satunya kelas pada ajaran Agama Kristiani diwariskan untuk anak cucu kelak yang dilakukan di OKL Street Library.

OKL Street Library, mengadakan kelas khusus tentang Literasi Rohani setiap hari Senin jam 3 sore, yang diikuti smartkids yang ada di Desa Railor. Kelas sore ini mengangkat tema “Spirit Remaja Dalam Firman Tuhan” asupan rohani dengan tema ringan ini untuk menginspirasi smartkids semakin dekat hubungannya dengan Tuhan serta menginspirasi smartkids untuk menjadikan setiap isi Firman Tuhan sebagai indikator utama dalam kehidupannya, kesuksesannya dan masa depannya kelak.

Pada kelas kali ini, smartkids di bagi dalam empat kelompok kecil, pembagian kelompok ini tidak hanya untuk membaca Firman Tuhan, namun juga dimaksudkan untuk belajar menafsir isi, kemudian mencontohkannya untuk mengaplikasikan Firman Tuhan tersebut dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan tema ayat Alkitab yang dibagikan. Melalui pembagian kelompok kecil smartkids ini, tentu sangat erat berkaitan dengan bagaimana pandangan agama untuk smartkids agar menjadikan anak-anak kristiani yang semakin bijaksana dilingkungan mereka berada.

Berikut ini keseruan aktivitas smartkids di kelas Literasi Rohani yang diikuti smartkids di ruang terbuka OKL Street Library. Presentasi dan ulasan smartkids terkait ayat-ayat Firman Tuhan yang dibagikan, ada dibawah ini:

Kelompok Pertama, yakni merupakan smartkids yang menamakan dirinya sebagai kelompok Sahabat. Kelompok Sahabat ini terdiri dari Nabila, Vino, In, dan Indri. Smartkids yang tergabung dalam Kelompok Sahabat ini membahas Ayat Alkitab di dalam konteks Ulangan 31:6.

“Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka sebab Tuhan Allah-mu Dia-lah yang berjalan menyertai engkau, Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engaku” (Ulangan 31:6).

Sebagai aplikasi dalam kehidupan, kelompok Sahabat, mencontohkannya sebagai berikut; “Seperti kehidupan kita dilingkungan sekolah, jika ada teman kita yang mengganggu atau membuli, kita harus sabar dan rendah hati untuk memaafkan dia. Atau seperti kita membuat presentasi di kelas atau ruangan terbuka seperti saat ini, kita tidak boleh gemetar dan takut mengahdapinya, atau jika ada rintangan apapun, karena Tuhan itu selalu hadir bersama kita dimanapun kita berada.” Smartkids mencontohkannya.

Praktik baik smartkids terkait Firman Tuhan pada kelompok Sahabat (ft. OKL)

Tidak kalah seru juga pada kelompok dua,  yakni kelompok smartkids yang menamakan kelompoknya sebagai kelompok BTS, adalah merupakan smartkids yang terdiri dari Astin, Novi, Eva, Frida dan El.  Pada  kelompok BTS ini, smartkids membahas Ayat Alkitab di dalam konteks Yesaya 26:3.

“Yang hatinya teguh Kau jagai dengan damai sejahtera, sebab kepada-MU lah ia percaya. Percaya lah kepada Tuhan selama-lamanya, sebab Tuhan Allah adalah gunung batu” (Yesaya 26:3).

Sebagai pengaplikasian dalam kehidupan, kelompok BTS mencontohkannya sebagai berikut; “Kelompok BTS meyakin percayalah apapun yang kita lakukan kepada Tuhan selama-lamanya, sebab Tuhan Allah adalah gunung batu yang kekal, kelompok BTS ini mengartikan bahwa kita harus percaya kepada Tuhan karena Tuhan lah yang menciptakan segala-galanya di muka bumi ini.”

Praktik baik smartkids terkait melalui Firman Tuhan pada kelompok BTS (ft. OKL)

Selain keseruan pda kelompok BTS, menyenangkan sekali di kelompok ketiga, yakni merupakan kelompok yang menamakan dirinya sebagai kelompok Sobat. Kelompok Sobat gadalah abungan smartkids yang terdiri dari Ory, Rey, Ayu Nahak, Umi dan Rendi. Pada smartkids kelompok Sobat ini membahas Ayat Alkitab di dalam konteks Yesaya 41:10.

“Janganlah takut, sebab aku menyertai engkau, janganlah bimbang sebab Aku ini Allah-mu. Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan (Yesaya 41:10).”

Smartkids yang menamakan diri kelompok Sobat ini, menceritakan ayat ini dengan contoh dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut; “Smartkids pada kelompok Sobat ini mengatakan bahwa, janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, hal ini diartikan bahwa kita jangan takut karena Tuhan selalu bersama kita. Apa yang kita lakukan Tuhan selalu melihatNya, karena Tuhan selalu melindungi kita sebgai umat manusia di bumi. Kemudian, dalam konteks; Janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu, Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engau, smartkids dikelompok Sobat mengartik menegaskan bahwa Tuhan selalu menolong kita dan membimbing kita ke jalan yang benar. Tidak hanya itu saya, bahkan pada konteks Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan, hal ini diakui smartkids pada kelompok Sobat yang mengatakan bahwa Tuhan selalu disamping kita, disaat apapun yang kita lakukan dan kita tidak boleh takut karena Tuhan selalu melindungi kita orang yang benar dan menghukum mereka yang jahat.

Praktik baik smartkids terkait Firman Tuhan pada kelompok Sobat (ft. OKL)

Lantas apa kata kelompok Harum Manis tentang Firman Tuhan? Harum dan Manis sekali kelompok empat ini, kelompok yang terdiri dari Heni, Risma, Gio, Febi dan Ayu Fahik merupakan smartkidsyang akan membahasa Ayat Alkitab di dalam konteksYeremia 29:11

“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangannya apa yang ada padaku mengenai kamu; demikianlah Firman Tuhan, yaitu rancagan damai sejahtera, dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepada mu hari depan yang penuh harapan (Yeremia 29:11).”

Pada konteks Ayat Alkitab ini, smartkids menceritakan terkait pengaplikasian ayat suci ini dalam kehidupan sehari-harinya, “dimana ayat ini dapat diartikan bahwa Tuhan berencana untuk memberikan harapan untuk kita supaya kita melakukan hal yang baik dan jalan yang benar di mata Tuhan. Bahkan, menurut smartkids pada kelompok ini menegaskan, Tuhan memberikan kita sebagai umat manusia sebuah tugas untuk kita jalankan seperti kita harus berbuat hal yang baik dan hal yang benar dalam hidup kita untuk mencapai masa depan kita. Tidak sampai disitu, smartkids dikelompok inipun mengatakan, Tuhan merancang masa depan yang indah untuk kita penuh bahagia, oleh karena itu kita jangan berbuat dosa karena Tuhan mengetahui segalanya itu hal yang tidak baik untuk kita, jadi janganlah berbuat dosa karen kita semua dilihat Tuhan.

Praktik baik smartkids terkait Firman Tuhan pada kelompok Harum Manis (ft. OKL)

Berdasarkan pada contoh-contoh diatas, diharapkan ayat -ayat suci renungan yang dipresentasikan smartkids ini, dapat membuat smartkids sebagai anak-anak yang semakin dekat dengan Firman-Nya, sehingga mereka semakin sukses dalam kehidupannya berlandaskan pada Firman Tuhan dan hanya percayakan kehidupan mereka kepada Tuhan Yesus.

Nah gimana smartkids, seru sekali bukan belajar Ayat Suci Firman Tuhan bareng smartkids. Mau ikut bergabungdi  Kelas Literasi Rohani di OKL Street Library? Kelas berbasis project sosial bebas biaya, di Tahak Debunaruk, Desa Railor, Malaka-NTT, setiap hari Senin, jam 3 sore ya.

Dari tapal batas Negara Kesatuan Republik Indonesia-Timor Leste, bergerak bersama untuk mewujudkan cita dan mimpi anak bangsa, berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika untuk Indoneia yang makin maju dan tangguh. (By OKL)

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.